21 Juni 2012

Tips Menghemat

          Berhubung banyak readers yang me-request artikel mengenai penghematan, maka dengan agak sedikit bangga saya persembahkan my new article about hemat ( he..he maap belum tau b.inggrisnya hemat).
           Oke ga usah panjang lebar n basa – basi langsung to the point aja. Seperti yang kita – kita tau, bahwa akhir – akhir ini kita sering mengeluhkan bahwa banyak uang yang kita keluarkan /belanjakan  tapi kita sendiri g tau kemana larinya tu uang entah lari ke pasar, ke pacar, atau jangan – jangan malah lari ke wc? He he berikut ni saya kasih tips untuk yang merasa “kebobolan”. O ya perlu diingat bahwa tips ini berguna untuk menghindarkan kita dari penyakit “kanker” alias kantong kering, “malaria” alias makan lauk ikan kering aja, dan “KM” alias kere mendadak. So, seperti biasa bacalah tips dibawah ini dengan seksama dan pelan – pelan aja, ok?

·         Tips pertama:
                  Jangan banyak makan makanan yang mengandung lemak. Pasti readers semua bertanya – Tanya, Loh? Apa hubungannya menghemat dengan makanan berlemak? Ok, gini sob. Coba deh readers sebutkan contoh makan berlemak, daging kambing, daging ayam, sate kambing, sate ayam, sop kambing, sop ayam, tumis kambing, dll ( sory kalo Cuma kambing n ayam coz hanya mampu beli 2 jenis daging itu aja sih, hiks.. ). Ok kembali ke topic, sekarang kita logika aja deh, berapa harga untuk makanan – makanan tersebut? Pasti lumayan menguras kantong kan? Nah, kalo mau hemat cara pertama yaitu kurangi makanan berlemak dan makan lah sayur – sayuran seperti kangkung, daun ubi, daun kedondong, dll. Selain harga sayur itu murah dan pastinya bikin kita tambah sehat.

·         Tips Kedua:
           Hindari ngopi. Loh ? bukannya kopi mengandung kafein yang bermanfaat untuk menambah semangat? Ya ya memang bermanfaat, tapi coba deh readers pertimbangkan lagi. Saran ini terutama untuk para anak nongkrong dimanapun berada. Seperti yang sobat ketahui, nongkrong tu paling enak kalo ditemani sama yang namanya kopi. Nah, pernah nggak ngitung – ngitung kalo sekali nongkrong tarulah minum segelas kopi. Berapa sih harga kopi segelas? Paling Rp. 2000, kalo kita nongkrong 5 hari dalam seminggu (libur nongkrong nasional tiap malam jumat sama malam minggu) en ada 4 minggu dalam sebulan. Coba dikali deh, lumayan bro Rp. 40.000 bisa dapet sabun mandi, odol, sikat gigi ama pernak – pernik yang laen. Lha trus gantinya ngopi apa nih? Masa nongkrong g ada yang nemenin? Tenang, ganti aja kopi ma air putih. Selain hemat kita lagi – lagi jadi lebih sehat.

·         Tips Ketiga n yang paling penting:
                Pasti sobat semua terheran – heran saat membaca dua tips diatas. He he anggap aja dua tips diatas adalah intermezzo. Nah tips yang ketiga ini serius dan nggak becanda. Siapkan bolpoint dan kertas untuk mencatat, en jangan lupa sedikit cemilan y he he ( eh  harus serius y.. 8I ). Tips yang ketiga dan yang paling penting yaitu Membuat Skala Prioritas. Yup, skala prioritas ini penting sekali karena kita akan lebih fokus mengalokasikan dana kita untuk hal – hal yang memang benar – benar kita perlukan. Jadi saat sobat readers semua mendapat suntikan dana segar, entah itu uang jajan, uang gajian, ato uang nemu di jalan. Pastikan sobat semua membuat urutan hal apa yang paling mendesak untuk diwujudkan, ingat! Yang Sangat Mendesak. Dijamin setelah bro dan sis semua mempraktekan ini cara, pastinya alur keuangan kita akan jadi lebih teratur dan terlihat kemana larinya tu uang. Tapi ingat juga cara ini membutuhkan konsistensi sobat semua, kalau kita nggak konsisten dipastikan juga cara ini akan Gatot alias Gagal Total. Ni ane kasih contoh kecil ya, misalnya kalau kita udah nentuin hal yang paling mendesak yang harus kita beli adalah sikat gigi atau odol, jangan sampai nanti malah pas ke warung nggak jadi beli odol tapi malah beli pengharum ruangan. Nah lo?! Itulah contoh kecil kenapa kita harus konsisten sobat readers semua.

                Nah gimana sobat readers? Sekarang udah pada tau kan beberapa tips dan trik unik mengatur keuangan untuk menghemat. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Nah untuk kata bijak kali ini adalah :
“ Hal – hal yang sering kita anggap kecil dan sepele kadang justru adalah hal penting yang sangat menentukan dalam hidup“
. Ok. See you di lain tulisan…….

1 komentar: