30 April 2013

Resensi : 5 cm (Donny Dhirgantara)




        
Gambar Diambil dari mbah Google
  Assalamualaikum, menyambut hari yang cerah ini. Saya mo berbagi tentang buku yang kemaren saya baca. Buku yang akan saya ceritakan kali ini berjudul 5 CM karya Donny Dhirgantara. Mungkin udah banyak sobat readers yang tahu, udah baca, atau malah udah punya buku ini. Tulisan bergenre novel ini menurut saya memang cukup recommended untuk di baca. Tema ceritanya nggak jauh – jauh dari persahabatan, cita – cita, sedikit bumbu asmara dan komedi. Ok, lets check it out!

          Buku 5 CM ini menceritakan tentang 5 orang sahabat yaitu Genta, Riani, Zafran, Arial dan Ian. Tokoh cerita di novel ini mempunyai karakter masing – masing yang disampaikan oleh sang penulis dengan secara kuat di awal buku. Mereka berlima ceritanya sudah saling berteman kira – kira selama 2 tahunan dan setiap hari, pasti ada acara ngumpul – ngumpul atau nongkrong barengnya. Nah pada suatu waktu, mereka menemukan titik jenuh pada “mereka” sendiri. Terlalu sering kemana- mana barengan membuat mereka jadi hampir kehabisan topik pembicaraan dan mengulang – ulang tema obrolan yang sama.
          Atas inisiatif dari sang “leader” yaitu Genta, mereka sepakat untuk tidak ketemuan, telponan, ataupun sms-an selama 3 bulan dan akan bertemu kembali dalam acara yang telah direncanakan oleh Genta. Jadilah selama 3 bulan itu mereka menjalani aktivitas masing – masing tanpa berhubungan satu sama lain. Pada bagian ini, menurut saya tokoh Ian lah yang mendapatkan porsi di”ekspos”, karena pada saat vakum selama 3 bulan itu, diceritakan Ian jatuh bangun untuk menyelesaikan skripsinya yang sudah tertunda.
          Tidak terasa sampailah kepada di hari dimana semua bertemu kembali, saat Genta mengirim sms ke pada semua teman – temannya. Tapi mereka agak terkejut karena mereka diminta Genta untuk berkumpul di Stasiun dan membawa perbekalan dan peralatan mendaki. Dan disini ada tambahan satu karakter lagi yaitu Arinda, adiknya Arial yang ikut meramaikan petualangan mereka. Disini diceritakan mereka ber-6 naik kereta dari Jakarta menujuu Malang menggunakan kereta api ekonomi. Dan di dalam kereta inilah mereka baru tahu bahwa akan di bawa Genta menuju puncak tertinggi di Jawa, yaitu Mahameru.
Akhirnya disinilah klimaks dari cerita di buku ini. Yaitu perjalanan ke puncak Mahameru yang telah mengubah pandangan hidup dan melatih mereka untuk menggapai cita – cita yang diimpikan.
          Mungkin cerita singkat yang saya berikan mengenai buku ini agak terlihat “datar” ya, tapi saat kita membaca buku tersebut akan ada detail – detail cerita yang bagus banget. Seperti misalnya kisah cinta entah segi berapa, antara Genta yang suka sama Riani, Riani yang juga suka sama salah seorang diantara 5 sekawannya (tapi bukan Genta), Zafran yang suka dengan Arinda, dan Arinda yang ternyata juga menyukai salah satu teman kakaknya (tapi bukan Zafran), dan detail – detail menarik yang lainnya.
Berikut kelebihan buku ini menurut frstudio :
1.    Penggambaran masing – masing karakter yang kuat.
2.    Alur cerita yang “membuai”.
3.    Di sela – sela cerita diselipi lirik – lirik lagu yang membangun suasana lebih kuat.
4.    Banyak quote keren.
5.    Banyak bahan renungan.
6.    Ending kisah cinta yang tidak terduga.
Sedangkan kekurangannya menurut saya adalah :
1.    Ada bagian – bagian dimana penulis terlihat asyik sendiri dengan dunianya, sehingga membuat saya melewati bagian – bagian tersebut.
2.    Berhubung saya suka dengan cerita komedi, jadi menurut saya buku ini agak kurang banyak bumbu komedinya. walapun begitu, menurut saya penempatan part – part komedinya sudah pas.
Ya, itulah tadi review singkat mengenai buku 5 cm karya Donny Dirgantara. Oh ya, buku ini sudah dibuat layar lebarnya lho! Tapi sayang, sampai tulisan ini dibuat, saya malah belum nonton. L
Akhirnya, Bila ada yang kurang setuju mengenai pendapat pribadi saya di atas, saya mohon maaf karena tulisan ini dibuat hanya untuk menyampaikan pendapat pribadi saja. (kata-katanya mbulet)
Ok, cukup sekian dulu y sobat readers semua.

See you on the next post and Selamat membaca........!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar