23 April 2013

Menggambar

Digambar menggunakan Photoshop by Fr Studio

Assalamualaikum para sobat readers semua, bagaimanakah keadaan sobat semua hari ini? Masih sehat kan? Lama nggak apdet (baca update) artikel. Akhirnya kesampaian juga untuk memposting artikel terbaru dari frstudio.  Mm, memang jeda antar artikel yang saya posting agak cukup lama, dikarenakan kondisi signal internet in my workplace yang seperti keong alias “agak” lammmma. But it’s okay, saya masih dapat mengakses my blog saat saya cuti. Jadi it’s not a big problem.Ok di postingan saya kali ini, saya ambil judul “menggambar” karena mungkin para sobat readers semua belum mengetahui bahwa hobi saya selain membaca, menulis, dan ngupil adalah menggambar.

          Ya walaupun kadang kadang (bahkan sering) menggambar garis-garis yang nggak jelas. Tapi sejarah hobi saya yang satu ini lebih panjang daripada sejarah hobi saya yang lain. Alkisah cerita mengenai hobi saya ini dimulai saat saya kemaren bongkar-bongkar lemari tua dirumah, biasalah program rutin bersih – bersih  rumah. Waktu itu saya nggak sengaja menemukan sebuah buku agenda tua yang kira-kira usianya hampir 5000 tahun. Nggak ding, becanda kok, itu buku memang sudah tua dan usang, tapi mungkin baru berusia sekitar 20 tahunan, kalau nggak salah di buku itu terdapat kalender tahun 1993 (kalo nggak salah…).
          Nah, pas saya coba buka buku tersebut, di dalamnya Cuma ada beberapa lembar coretan – coretan abstrak berupa garis lingkaran yang tidak sempurna, yang bercampur baur dengan garis – garis lurus yang sama-sama nggak jelasnya. Saya pun jadi penasaran tentang apa arti gambaran tersebut, akhirnya kemudian saya bertanya kepada my mother. Eh ternyata itu semua hasil karya tangan-tangan ajaib saya!. uWouw, fantastic! Ckckck…. Berarti saya dari kecil memang ditakdirkan mempunyai hobi menggambar! (lebay.com).
Tapi memang tidak bisa dipungkiri bahwa dari waktu kecil hingga sekarang saya memang suka menggambar. Kebanyakan sih gambar kartun, karena itu tidak lepas dari waktu SD saya hobi nonton kartun (bahkan sampai sekarang!). Kadang – kadang juga menggambar landscape pemandangan, ataupun lingkungan sekitar. Pokoknya apapun yang kadang terlintas di pikiran langsung saya gambar. Spontan, jadi biasanya saat sedang menunggu di terminal terlintas keinginan menggambar, saya pun ambil buku saku saya dan bolpoint, langsung menggambar, saat sedang di rumah saya juga menggambar, saat sedang di bandara, saya juga menggambar, saat di warung pun saya makan (ya iyyalah…).  
Dan hobi menggambar saya ini pun tergantung dari beberapa factor:
     1.       Mood
Ya, mood atau suasana hati ini sangat berpengaruh terhadap apa, bagaimana, dan hasil dari gambaran saya. Jadi bila mood sedang bagus, biasanya gambar apapun yang saya gambar, hasilnya akan cukup bagus cenderung keren (itu menurut saya sendiri sih). Tapi bila mood sedang agak galau, biasanya gambar tinggal meniru / menyontek saja hasilnya jelek banget (lagi-lagi itu menurut saya sendiri).
     2.       Tempat
Ya selain mood, tempat juga berpengaruh. Maksud tempat disini adalah tempat – tempat khusus yang memang dilarang menggambar. Misalnya nggak mungkin saya menggambar di tempat ibadah, kuburan ataupun keranda jenazah (ya iyalah…!).
     3.       Alat
So pasti ini juga factor penting sob, gimana orang mo nggambar bila alat aja nggak ada? Karena menggambar adalah kegiatan membentuk imaji, dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat (menurut Wikipedia). Jadi tanpa alat, kita kurang bisa mempresentasikan imajinasi tersebut (bahasa tehnik banget ya?).
     4.       Dan Faktor – factor “X” lainnya.
Oh ya, selain menggambar dengan media kertas, saya juga tertarik dengan digital drawing (bener gak nih istilahnya??). maksud saya menggambar dengan media software computer. Misalnya saja menggunakan program Paint, corel Draw, maupun Photoshop. Memang masing – masing cara ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya saja digital drawing bisa menghemat penggunaan kertas dan lebih mudah untuk berkreasi warna tanpa takut salah dan kehabisan pensil warna karna di dalam penggunaan software, semua aktivitas bisa dibatalkan (undo). Tapi memang media kertas juga punya kelebihan sendiri, selain lebih portable, “rasa” disaat kita menggoreskan tinta ataupun carbon dari pensil yang kita pegang merupakan hal yang tidak bisa didapat dari digital drawing. Karena penjiwaan terhadap gambar juga mempengaruhi hasilnya. Contohnya, ada gambar yang baik, ada pula gambar yang bagus. Perbedaan antara keduanya adalah, kesan atau rasa mendalam di saat kita melihat gambaran ataupun lukisan tersebut. Dan kesan ataupun rasa itu bisa didapat saat proses pembuatan gambar tersebut yang biasanya dimenangkan oleh gambar manual yang pelukis/penggambarnya langsung menggoreskan kuas atau tintanya langsung ke kanvas ataupun kertas.
          Untuk teman – teman yang ingin atau tertarik menekuni hobi ini, saya ada beberapa tips (yang entah perlu atau tidak) yang mungkin bermanfaat bagi sobat readers semua :
     1.       Just Do It!
Maksudnya saat kita mulai menggambar jangan langsung memasang target gambaran kita nanti hasilnya akan langsung bagus dan keren. Karena menurut pengalaman saya, pengharapan yang terlalu berlebihan seperti itu hanya akan membebani. Dan bisa – bisa hasil gambaran kita malah cenderung kurang bagus. Jadi saran saya, just do it! Bagus atau tidak itu urusan nanti, yang penting kita sudah berusaha. Ok?
      2.       Explore!
Setelah lepas dari beban hasil, tips selanjutnya dalam menggambar adalah meng explore, atau menggali ide – ide yang ada di kepala, jangan takut untuk menggoreskan gambar – gambar imaji yang ada untuk lebih memperkaya dan mengasah skill kita.
     3.       Show it!
Bila ingin berkembang, kita harus menunjukkan hasil karya kita ke pada minimal orang – orang terdekat di sekitar kita, baik itu teman maupun saudara. Why? Ya tentu saja kita nanti akan dapat feedback berupa kritik dan saran yang pasti berguna untuk kita dalam membangun skill dan menginspirasi karya – karya kita selanjutnya. Perlu di ingat bahwa di dalam menunjukkan hasil karya kita ini jangan terlalu lebay ya.
         Yaps, itulah tadi beberapa penjabaran mengenai salah satu hobi saya, yaitu menggambar, disertai beberapa tips super keren. Oh ya, saya juga turut menyertakan beberapa hasil coretan tangan saya, seperti di bawah ini, dan diatas tadi :

Gambar menggunakan Corel and Photoshop untuk lomba desain Billabong By Fr Studio

         Nah, gimana? Keren –keren kan? (ngarep…) hehe mau bagus apa nggak, whatever lah. tapi semua gambar contoh yang saya sertakan adalah hasil dari digital drawing menggunakan corel draw dan Photoshop.
         Yang terpenting kita bisa mengisi waktu kita dengan kegiatan yang positif dan berguna. Ok. Cukup sekian dulu postingan kali ini ya, cz mo maen game Empire lagi nih. Untuk kata bijak hari ini adalah :
“Dimana ada kemauan pasti ada jalan”
Ok. See you on the next post…..! 


    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar