26 April 2013

GALA U (Serta Tips Mengatasinya)

diambil dari gizmodo.co.au dengan sedikit modifikasi

 Selamat pagi / siang / sore / malam bagi para sobat readers semua, gimana ? masih pada bisa nafas kan ? ok. Di saat yang menyenangkan dan berbahagia ini, saya kembali akan membuat para sodara – sodara pembaca semua tercengang, terkesima, dan terpana dengan kumpulan artikel -  artikel Gj (gak jelas) saya (kumat lagi nih syndrome narsisnya). So, bila anda yang saat membaca artikel ini sedang mengalami yang namanya G dan A dan L dan A dan U alias GALA U. Hmm, saya sarankan agar anda segera beli kalpanax (?). hehe sory becanda, maksud saya bila sobat readers sedang galau, cepat – cepatlah alihkan ke-galau-an itu menjadi kegiatan yang positif dan berguna. Coz bukannya apa – apa sob, menurut penelitian FRstudio, galau itu merupakan salah satu gerbang awal masuknya berbagai jenis penyakit. Loh kok bisa?

Tentu saja bisa! coba kita ambil contoh sederhana, misalnya kita lagi galau gara – gara kucing tetangga kesayangan kita mati (ini misalnya), trus kita jadi sedih karena nggak ada yang bisa dilemparin sandal lagi en akhirnya kita jadi galau deh. Nah, orang galau itu kan 75 % kerjaaannya adalah Ngelamun dan mendengarkan music – music super mellow (menurut survey ngawurpedia.com). so, bila kita jadi ngelamun aja tiap waktu, banyak sekali kewajiban – kewajiban ataupun tugas – tugas pokok kita yang terabaikan atau malah tidak kita kerjakan sama sekali. Contoh ringan adalah kebiasaan kita ngupil (?). coba kalau kita lupa ngupil, terus lama- lama upil kita jadi menumpuk dan mengakibatkan kita kena kanker upil! Nah lo, kan jadi berabe (Itu contoh lebaynya). Nah kebayang kan gimana gawatnya kalo sampe kerjaan penting lainya jadi kelupaan Cuma gara – gara yang namanya Galau?
Nah, Di postingan kali ini, FR studio akan coba memberikan tips atau lebih tepatnya disebut sebagai saran (bhsa. Indonesia) / advice (bhsa. Inggris) untuk menghilangkan, atau setidaknya mengurangi Galautisme yang sedang diderita oleh para sobat readers semua dimanapun anda berada. Ok, tidak perlu berlama – lama, berikut adalah beberapa saran dari FR Studio tentang mengatasi rasa Galaw.
diambil dari keepcalmandposters.com
       1.       Kenali Penyebabnya
Tidak ada asap kalo tidak ada api, tidak ada api kalo tidak ada korek, tidak ada korek kalo tidak ada orang. Nah sebelum kita lebih ngelantur, mari kita lihat dulu arti pepatah pada kalimat pertama (jiah, macam ujian bahaza Indonezia zaja bah!). Kalimat  “Tidak ada asap kalau tidak ada api” ini bermaksud bahwa tidak ada akibat bila tidak ada penyebabnya, jadi saat kita lagi galau, kita coba pikir – pikir lagi, apa sih yang menyebabkan kita jadi galau? Apakah karena masalah kecil, sedang, besar atau malah kita nggak tahu penyebabnya apa? Loh jangan salah sob, sepengamatan FR Studio, ternyata banyak juga konco – konco (baca: teman-teman) saya yang galau itu ternyata Cuma ikut – ikutan atau terpengaruh oleh lingkungan! Padahal hal tersebut nggak ngaruh kepada dirinya. Ckckck, that is reality. Tapi banyak juga sih, yang memang benar – benar ada sesuatu problem yang sedang melanda dirinya. Jaadi, saran pertama dari saya adalah kenali dulu sebab musababnya. Bila penyebab galau tersebut hanya masalah kecil, just forget it! Nggak ada gunanya sob, membuang waktu hanya untuk hal yang kurang berguna, mendingan makan bakso deh. Nah, Bila dirasa penyebabnya termasuk kategori yang sedang atau berat, segera lihat saran kedua saya. :)
       2.       Curhat
Eits, buat para my brothers en sisters, yang harus saya tekankan disini yaitu jangan disamakan curhat itu dengan acara ngumpul dan ngobrol nggak karuan ngalor ngidul dan kesana kemari. itu bukan curhat,tapi nge-gosip. Nah saran FR Studio, jika dirasa penyebab kegalauan yang diderita termasuk dalam kategori masalah sedang atau berat, maka, curhat merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Kenapa? Tentu karena kita bisa meringankan beban yang sedang kita pikul, dan siapa tahu kita juga bisa dapat solusi dari masalah yang kita hadapi. Tentang siapa yang bisa kita curhatin, itu tergatung dari masing – masing individu sih. Siapa yang paling bisa dipercaya untuk saling “berbagi”.  Namun, saran dari FR Studio adalah curhatlah ke pada Yang Maha Memberi Solusi, ya, curhat kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah yang terbaik menurut saya.
       3.       Alihkan Perhatian
Bila saran pertama dan kedua sudah sobat lakukan semua, ada saran tambahan untuk melengkapi obat galau kita. Ya, alihkan perhatian dan pikiran kita kepada hal – hal yang lebih positif, berguna, dan tentunya yang kita senangi. Contohnya, bila sobat semua ada yang hobi bersepeda, maka bersepedalah ke tempat – tempat yang indah dan menyenangkan, bila ada yang hobinya main game, maka coba carilah game baru yang beda dari yang biasa kita mainkan, dan lain – lain. Bervariasi tergantung dari masing – masing sobat semua. Asal jangan sampai terjebak dengan kegiatan yang buang waktu, uang, tenaga, dan pikiran secara percuma. Yang jelas kegiatan pengalih perhatian itu harus asyik, beda, dan tertib.

          Nah, itulah tadi beberapa saran singkat dari saya mengenai obat galaw. Untuk mempermudah mengingat saran – saran tersebut, saya membuat sebuah singkatan, yaitu K E C U P, kepanjangan dari KEnali penyebanya, CUrhat, dan alihkan Perhatian. Walaupun agak maksa, but I think its okay.
Oh ya, Selain itu galau berkepanjangan akan mengakibatkan kita mengalami kerugian materiil dan immaterial yang tidak sedikit lho. Kerugian materiil : Kita akan buang – buang uang untuk beli semir (?), obat cacing (?), wig (??) ataupun hal – hal lainnya sebagai pelarian pelampiasan kegalauan kita yang kebanyakan kurang bermanfaat. Sedangkan Kerugian immaterial : kita kehilangan konsentrasi, tidak focus, dan kurang semangat untuk melakukan hampir semua kegiatan rutin kita. Dari mulai malas bangun pagi, mandi, sikat gigi, nyuci kaos kaki, sampai males sarapan pagi. Akhirnya kita sendiri juga yang rugi. Hhh….. apakah kita mau, termasuk ke dalam orang – orang yang rugi? J
Jadi kesimpulannya, jangan biarkan rasa “Galau” anda berlama – lama merajalela, segera hancurkan dan musnahkan!. Saya yakin sobat semua PASTI BISA! ROSSO-ROSSO!
Ok, sekian dulu ya sobat readers semua, semoga bisa bermanfaat bagi sobat readers semua. Dan jangan lupa dukung gerakan Indonesia bebas galau (GIBEGA) dengan cara ketik Pret(spasi)wekewekewek kirim ke 0000.
Untuk kata bijak kali ini adalah :
“Kebahagiaan itu berawal dari hati”
See you on the next post…… 
  

2 komentar:

  1. Kalau galau kepo ajah hahahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe cuma saran mas....
      bila galau berlanjut hubungi dokter... :)

      Hapus